Get the latest concerts information that happen in indonesia on our twitter Follow @thedailyconcert

Minggu, 21 September 2014

12 Alasan Kenapa Album American Idiot Benar-Benar “F**cking Awesome”


Daily Concerts, Jakarta - Siapa sih yang ga kenal Green Day? Band Punk Rock asal Amerika pelantun lagu American Idiot ini saat ini tengah merayakan 10 tahun rilisnya album American Idiot, album paling “F**cking Awesome” dari Green Day.

Jadi, apakah yang membuat album ini begitu fenomenal? Cekidot!

12. Artwork Ikonik
Berawal dari Chris Bilheimer, yang mengutip lirik She’s A Rebel, “And she’s holding on my heart like a hand grenade.”, di situlah awal mula lahir ide untuk gambar granat berbentuk hati yang berdarah.

11. Berkarakter
Bukan sembarang punk rock, melainkan sebuah album berkonsep, yang seolah mengatakan bahwa ini adalah ungkapan diri seorang Billie Joe. “Son of rage and love”. Bingung?  Baca point berikutnya..

10. “Cutting Edge”
Dimulai dari lagu anti-hero seperti American Idiot, tabuhan drum epik di Are We The Waiting, lagu akustik balad Wake Me Up When September Ends, American Idiot memiliki semuanya. Sangat berani untuk sebuah band membuat lagu dengan nuansa yang sangat berbeda jauh.

9. Video “mind-blowing”
Lumpur hijau di American Idiot, suasana perang di Wake Me Up When September Ends, sang drummer yang cross-dressing di lagu Holiday. Emm…

8. Lagu Sarat Makna
Wake Me Up When September Ends bercerita tentang ayah dari Billie Joe yang meninggal pada September 1982, ketika ia masih berusia 10 tahun. Ide lagu ini muncul ketika Billie Joe saat itu berlari ke kamar serta mengunci pintu, dan berteriak kepada ibunya. “Wake me up when September ends!”

7. Lirik Luar Biasa
“Nobody likes you / Everyone left you / They’re all out without you having fun…” di lagu Letterbomb. “Zieg Heil to the president Gasman / Bombs away is your punishment!” di lagu Holiday, dan banyak lagu lainnya.

6. Lagu Epik
Maksud epik di sini.. Berapa banyak sih band rock yang membuat lagu sepanjang 12 menit? Lagu Homecoming dan Jesus Of Suburbia adalah lagu terpanjang di American Idiot. Bukan asal panjang, lagu ini juga sangat-sangat “killer”.

5. Bonus Track Radikal
“Too Much, Too Soon”, yang ada di iTunes Deluxe Edition, dan “Favourite Son”, bonus track American Idiot yang hanya dirilis di Jepang.

4. Awalan Tak Terduga
Master tape dari Cigarettes and Valentines, album Green Day hilang dicuri tanpa jejak. Jadi, mereka harus mulai lagi dari awal. Singkat cerita, mereka malah berakhir dengan menciptakan American Idiot.

3. Dibuat Versi Broadway Musical
Tidak biasanya sebuah album punk rock dijadikan teater musical bukan? Ini membuktikan bahwa American Idiot bukanlah album punk rock biasa.

2. Menaikkan Kualitas Live Show Green Day
Untuk yang mengikuti Green Day dari awal, pasti ‘ngeh’ akan perubahan dari Green Day sejak rilisnya album ini.

1. Mengubah Dunia Musik Rock Selamanya
Bukan sembarang lagu enak, tapi juga sarat makna. Politik, cerita kontroversial, mengkritik George W. Bush serta Amerika secara terang-terangan, dan mengajak fansnya berpikir lebih terbuka.  (M. Naufal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...